Rabu, 01 Januari 2014

PENDEKATAN PROMOSI KESEHATAN MENURUT STRATEGI GLOBAL

MAKALAH
“PENDEKATAN PROMOSI KESEHATAN”
“MENURUT STRATEGI GLOBAL”

Disusun oleh :
1.      Eli Rahmawati                                   
2.      Ota Depri Ria Nitami                       
3.      Ika Fajar Kusuma Wardani            
4.      Eka Yeni Purwati                             
5.      Tria Intan Nawangsasi                     
6.      Nur Diana Darmayanti                    
7.      Mayva Kurnia                                   


PROGRAM STUDI DIPLOMA III KEBIDANAN
FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT
INSTITUT ILMU KESEHATAN
BHAKTI WIYATA
KEDIRI
2013

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Promosi kesehatan adalah salah satu bentuk upaya pelayanan kesehatan yang berorientasi pada penyampaian informasi tentang kesehatan guna penanaman pengetahuan tentang kesehatan sehingga tumbuh kesadaran untuk hidup sehat. Penerapan promosi kesehatan di lapangan biasanya melalui pendidikan kesehatan dan penyuluhan kesehatan.
Promosi kesehatan/pendidikan kesehatan merupakan cabang dari ilmu kesehatan yang mempunyai dua sisi, yakni sisi ilmu dan sisi seni. Dilihat dari sisi seni, yakni praktisi atau aplikasi pendidikan kesehatan adalah merupakan penunjang bagi program-program kesehatan lain. Ini artinya bahwa setiap program kesehatan yang telah ada misalnya pemberantasan penyakit menular/tidak menular, program perbaikan gizi, perbaikan sanitasi lingkungan, upaya kesehatan ibu dan anak, program pelayanan kesehatan dan lain sebagainya sangat perlu ditunjang serta didukung oleh adanya promosi kesehatan.
Promosi kesehatan bukanlah hanya proses penyadaran masyarakat atau pemberian dan peningkatan pengetahuan masyarakat tentang kesehatan semata, akan tetapi di dalamnya terdapat usaha untuk dapat memfasilitasi dalam rangka perubahan perilaku masyarakat.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Bagaimana lingkup pendekatan promkes menurut strategi global ?
2.      Apa yang dimaksud pendekatan perubahan perilaku ?
3.      Apa yang dimaksud pendekatan edukasi ?
4.      Apa yang dimaksud pendekatan yang berpusat pada klien ?
5.      Apa yang dimaksud pendekatan perubahan sosial ?


C.    TUJUAN
1.      Untuk mengetahui lingkup pendekatan promkes menurut strategi global
2.      Untuk mengetahui pendekatan perubahan perilaku
3.      Untuk mengetahui pendekatan edukasi
4.      Untuk mengetahui pendekatan yang berpusat pada klien
5.      Untuk mengetahui pendekatan perubahan sosial

D.    MANFAAT
1.      Agar mahasiswa lebih terampil dalam melakukan promosi kesehatan dalam setiap program kesehatan yang diselenggarakan
2.      Bagi para pembaca, sebagai bahan bacaan dan referensi


BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.    PENDEKATAN PROMKES MENURUT STRATEGI GLOBAL
Strategi global promosi kesehatan diperkenalkan oleh World Health Organization (WHO) pada tahun 1984, di mana ada tiga strategi pokok untuk mewujudkan visi dan misi promosi kesehatan yaitu Advokasi,  Dukungan Sosial (Social Support), dan Pemberdayaan Masyarakat (Empowerment).
1.      Advokasi
Melakukan pendekatan atau lobi (lobbying) dengan para pembuat keputusan agar mereka menerima commited dan akhirnya mereka bersedia mengeluarkan kebijakan atau keputusan-keputusan untuk membantu dan mendukung program yang akan dilaksanakan. Kegiatan ini disebut advokasi. Dengan kata lain, advokasi dapat diartikan sebagai upaya pendekatan (approaches) terhadap orang lain yang dianggap mempunyai pengaruh terhadap keberhasilan suatu program atau kegiatan yang dilaksanakan. Dalam pendidikan kesehatan para pembuat keputusan baik baik di tingkat pusat maupun daerah disebut sasaran tersier. Bentuk kegiatan advokasi bias dilakukan secara  formal dan informal.
Bentuk kegiatan advokasi antara lain adalah sebagai berikut :
a.       Lobi politik (political lobbying)
Lobi adalah berbincang-bincang secara informal dengan para pejabat untuk menginformasikan dan membahas masalah dan program kesehatan yang akan dilaksanakan. Langkah-langkah yang akan dilaksanakan dimulai dari penyampaian masalah kesehatan yang ada, dampak dari masalah kesehatan, kemudian solusi untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut. Pada saat lobi harus disertai data yang akurat (evidence based) tentang masalah kesehatan tersebut.

b.      Seminar dan atau persentasi
Seminar atau persentasi menyajikan masalah kesehatan di hadapan para pembuat keputusan baik lintas program maupun lintas sektoral. Penyajian masalah kesehatan disajikan secara lengkap dengan data dan ilustrasi yang menarik, serta rencana program dan pemecahannya. Kemudian masalah tersebut dibahas bersama-sama dan pada akhirnya akan diperoleh komitmen dan dukungan terhadap program yang akan dilaksanakan.
c.       Media
Advokasi media adalah melakukan kegiatan advokasi dengan menggunakan media, khusunya media massa (media cetak dan media elektronik). Masalah kesehatan disajikan dalam bentuk tulisan dan gambar, berita, diskusi interaksif, dan sebagainya. Media massa mempunyai kemampuan yang kuat untuk membentuk opini publik dan dapat mempengaruhi bahkan merupakan tekanan (pressure) terhadap para penentu kebijakan dan para pengambil keputusan.
d.      Perkumpulan (asosiasi) peminat
Asosiasi atau perkumpulan orang-orang yang mempunyai minat atau keterkaitan terhadap masalah tertentu, termasuk juga perkumpulan profesi. Misalnya perkumpulan masyarakat peduli AIDS, kemudian kelompok ini melakukan kegeiatan-kegiatan untuk menanggulangi AIDS. Kegiatan tersebut dapat memberikan dampak terhadap kebijakan-kebijakan yang diambil para birokrat di bidang kesehatan dan para pejabat lain untuk peduli HIV/AIDS.

Advokasi adalah kegiatan untuk meyakinkan para penentu kebijakan atau para pembuat keputusan sehingga mereka memberikan dukungan, baik kebijakan, fasilitas, maupun dana terhadap program yang ditawarkan. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang dapat memperkuat argumentasi pada saat melakukan advokasi, yaitu sebagai berikut :

a.       Meyakinkan (credible)
Program yang ditawarkan harus meyakinkan para penentu kebijakan dan pembuat keputusan. Oleh karena itu, harus didukung oleh data dari sumber yang dapat dipercaya. Dengan kata lain program yang diajukan harus didasari oleh permasalahan yang utama dan factual artinya masalah tersebut memang ditemukan di lapangan dan penting untuk segera diatasi. Kalau tidak diatasi akan membawa dampak yang lebih besar dari masyarakat.
b.      Layak (feasible)
Program yang diajukan harus tersebut secara teknis, politik, dan ekonomi harus memungkinkan atau layak. Layak secara teknis artinya program tersebut dapat dilaksanakan dengan sarana dan prasarana yang tersedia. Layak secara politik artinya program yang diajukan tidak akan membawa dampak politik pada masyarakat. Layak secara ekonomi artinya program tersebut didukung oleh dana yang cukup, dan apabila program tersebut merupakan program layanan, maka masyarakat mampu membayarnya
c.       Relevan (relevant)
Program yang diajukan tersebut minimal harus mencakup dua kriteria yaitu memenuhi kebutuhan masyarakat dan benar-benar dapat memecahkan masalah yang dirasakan masyarakat. Oleh sebab itu semua program harus ditujukan untuk menyejahterakan masyarakat dengan cara membantu pemecahan masalah masyarakat dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
d.      Penting (urgent)
Program yang diajukan tersebut harus mempunyai urgensi yang tinggi dan harus segera dilaksanakan, kalau tidak akan menimbulkan masalah yang lebih besar lagi. Oleh sebab itu, program yang diajukan adalah program yang paling penting di antara program-program yang lain.
e.       Prioritas tinggi (high priority)
Program mempunyai prioritas tinggi  apabila feasible baik secara teknis, politik maupun ekonomi, relevan dengan kebutuhan masyarakat dan mampu memecahkan masalah kesehatan masyarakat

2.      Dukungan Sosial (Social support)
Dukungan sosial ialah menjalin kemitraan untuk pembentukan opini publik dengan berbagai kelompok opini yang ada di masyarakat seperti tokoh masyarakat, tokoh agama, lembaga swadaya masyarakat, dunia usaha/swasta  media massa, organisasi profesi, pemerintah, dll. Bina suasana dilakukan untuk sasaran sekunder atau petugas pelaksana  di berbagai tingkat administrasi ( dari pusat hingga desa).
Strategi dukungan sosial adalah suatu kegiatan untuk mencari dukungan social melalui  tokoh masyarakat (toma), baik formal maupun informal. Kegiatan promkesmemperoleh dukungan sosial atau bisna suasana dari TOMA atau TOGA sehingga dapat menjembatani antara pengelola promkes dengan masyarakat. Kegiatan mencari dukungan social melalui TOMA pada dasarnya adalah menyosialisasikan program-program kesehatan agar masyarakat mau menerima dan berpartisipasi terhadap program kesehatan.
Oleh sebab itu, strategi ini dapat dikatakan sebagai upaya bina suasana atau membina suasana yang kondusif terhadap kesehatan yaitu upaya  untuk membuat suasana atau iklim yang kondusif atau menunjang pembangunan kesehatan sehingga masyarakat terdorong untuk melakukan perilaku hidup bersih dan sehat. Beberapa bentuk kegiatan tersebut adalah pelatihan-pelatihan  para toma, seminar, lokakarya, pendidikan/penyuluhan, sarasehan, pertemuan berkala, kunjungan lapangan, study banding dan sebagainya. Sasaran pada dukungan social adalah sasaran sekunder, misalnya tokoh masyarakat dan tokoh keluarga.

3.      Pemberdayaan Masyarakat (Empowerment)
Pemberdayaan masyarakat adalah mengembangkan kemampuan masyarakat agar dapat berdiri sendiri, serta memiliki keterampilan untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan mereka sendiri
Pemberdayaan adalah strategi promosi kesehatan yang ditujukan kepada masyarakat langsung. Tujuan utama pemberdayaan adalah mewujudkan kemampuan masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan kesehatan mereka sendiri (visi promosi kesehatan). Bentuk kegiatan pemberdayaan ini dapat diwujudkan dengan berbagai kegiatan, antara lain: penyuluhan kesehatan, pengorganisasian dan pengembangan masyarakat dalam bentuk misalnya: koperasi, pelatihan-pelatihan untuk kemampuan peningkatan pendapatan keluarga (income generating skill). Sasaran pemberdayaan masyarakat adalah sasaran primer.
Dengan meningkatnya kemampuan ekonomi keluarga akan berdampak terhadap kemampuan dalam pemeliharan kesehatan mereka, misalnya: terbentuknya dana sehat, terbentuknya pos obat desa, berdirinya polindes, dan sebagainya. Kegiatan-kegiatan semacam ini di masyarakat sering disebut "gerakan masyarakat" untuk kesehatan.

B.     PENDEKATAN EDUKASI
Pendidikan adalah upaya persuasive atau pembelajaran kepada masyarakat agar masyarakat mau melakukan tindakan-tindakan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatannya. Inforamsi tentang kesehatan disajikan, kemudian masyarakat dibantu untuk menggali nilai dan sikap sehingga mereka dapat membuat keputusan sendiri untuk mengadopsi praktik kesehatan yang baru sesuai dengan informasi kesehatan yang diberikan. Orang yang mendukung pendekatan ini akan member arti tinggi proses pendidikan dan akan menghargai individu untuk memilih perilaku sendiri.
Tujuannya adalah memberikan informasi dan memastikan pengerahuan dan pemahaman masyarakat tentang masalah kesehatan, serta menetapkan keputusan untuk mengubah perilaku atas dasar informasi kesehatan yang diberikan, misalnya : pekerja seks komersial diberi penyuluhan tentang kondom dalam mencegah HIV/AIDS, ibu hamil diberi penyuluhan tentang cara mengolah makanan yang baik dan benar, dan sebagainya.

C.    PENDEKATAN YANG BERPUSAT PADA KLIEN
Pendekatan ini berdasar pada hubungan seimbang antara profesi kesehatan dengan klien. Profesi kesehatan memberi bimbingan, dukungan dan dorongan agar klien dapat membuat pilihan. Tujuannya adalah bekerjasama dengan klien agar dapat membantu mereka mengidentifikasi apa yang ingin mereka ketahui dan lakukan, memilih dan membuat keputusan sesuai dengan kepentingan dan keinginan mereka. Klien dianggap sejajar, yakni mempunyai pengetahuan, keterampilan dan kemampuan berkontribusi serta mempunyai hak mutlak untuk mengontrol tujuan kesehatan mereka sendiri. Sebagai contoh : isu anti-merokok, dengan adanya isu tersebut masyarakat diharapkan dapat mengidentifikasi apa yang ingin mereka ketahui dan kerjakan berkaitan dengan isu tersebut, dan sebagainya.
Peran promotor kesehatan bertindak sebagai fasilitator untuk membantu masyarakat mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan mereka agar memperoleh pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan masalah kesehatan yang mereka temui. Pemberdayaan diri masyarakat/klien merupakan sentral dari tujuan pendekatan berpusat pada klien.

D.    PENDEKATAN PERUBAHAN SOSIAL
Pendekatan ini memberikan nilai penting bagi hak demokrasi untuk mengubah masyarakat agar mempunyai komitmen pada kesehatan. Orang-orang yang menerapkan pendekatan ini dapat melakukan aksi politik atau sosial untuk mengubah lingkungan fisik dan sosial yang mendukung kesehatan.
Adapun tujuannya adalah melakukan perubahan pada lingkungan fisik, sosial, dan ekonomi, supaya mendukung lingkungan yang dapat meningkatkan derajat kesehatan. Lingkungan fisik yang dimaksud misalnya air, tanah, dan udara, apabila salah satu dari lingkungan fisik tersebut tercemar maka dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan. Sebagai contoh : ibu hamil minum air yang berasal dari tanah yang tercemar oleh limbah pabrik dalam waktu lama, maka akan menyebabkan gangguan kehamilan dan gangguan janin; untuk mencegah supaya air tanah tidak tercemar limbah pabrik banyak aksi social yang dilakukan untuk mendukung supaya air tanah tidak tercemar, dan sebagainya.


BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Promosi kesehatan adalah salah satu bentuk upaya pelayanan kesehatan yang berorientasi pada penyampaian informasi tentang kesehatan guna penanaman pengetahuan tentang kesehatan sehingga tumbuh kesadaran untuk hidup sehat.
Strategi global promosi kesehatan diperkenalkan oleh World Health Organization (WHO) pada tahun 1984, di mana ada tiga strategi pokok untuk mewujudkan visi dan misi promosi kesehatan yaitu Advokasi,  Dukungan Sosial , dan Gerakan Masyarakat. Terdapat lima pendekatan bagi promosi kesehatan yang menunjukkan nilai yang melekat pada masing-masing pendekatan tersebut, yaitu pendekatan perubahan perilaku, pendekatan edukasi, pendekatan yang berpusat pada klien, dan pendekatan perubahan sosial.

B.     SARAN
1.      Kepada mahasiswa kesehatan khususnya bidan agar lebih terampil dalam melakukan pendekatan promosi kesehatan dalam setiap program kesehatan yang diselenggarakan
2.      Kepada pembaca agar memahami bagaimana lingkup dari pendekatan promosi kesehatan, dan dapat digunakan sebagai referensi


DAFTAR PUSTAKA

Dewi, lia. 2010 .Promosi Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika

Novita, nesi. 2011.Promosi Kesehatan dalam pelayanan kebidanan.
Jakarta: Salemba Medika

http:// midwife-fateema-pendekatan-promkes-sglobal.htm
            (diakses tanggal 27.12.2013 jam 15.20)

http:// dwi.wijayanti-pendekatan-promkes.htm
            (diakses tanggal 27.12.2013 jam 15.20)

 

1 komentar:

  1. Casino de la luce - DrMCD
    Casino de la luce - Play online slot machines or casino de la luce - Play online slot games for 인천광역 출장마사지 free. 화성 출장마사지 casino 경상남도 출장마사지 de la luce - 안성 출장샵 Play online slot machines for free. 성남 출장안마

    BalasHapus